Monday, 30 May 2016

Cara Cerdas Merawat Power Bank Agar Bisa Awet dan Tidak Cepat Drop

Cara Cerdas Merawat Power Bank Agar Bisa Awet dan Tidak Cepat Drop - Power Bank adalah alat penyimpanan daya listrik sementara sebelum dimasukkan ke smartphone atau perangkat kalian. Meliliki sebuah Power Bank adalah sebuah keharusan bagi seorang yang sibuk dan tidak sempat untuk mencharger perangkat yang anda miliki.

Cara Cerdas Merawat Power Bank Agar Bisa Awet dan Tidak Cepat Drop
Cara Cerdas Merawat Power Bank
Ketika baterai perangkat anda dalam kondisi LOW atau perangkat anda lain nya juga dalam kondisi LOW percayalah power bank anda akan sangat membantu anda.

Akan tetapi, yang menjadi perhatian disini adalah bagaimana cara merawat power bank anda agar awet dan tahan lama? Tentunya anda tidak harus mengeluarkan bajed tambahan hanya untuk membeli sebuah power bank anda yang rusak.

PusatTekno.com akan membahas hal tersebut..

Sebelum kita mulai pembahasan..

Ada baiknya anda membaca artiket kami yang satu ini ketika anda akan memilih dan membeli power bank dengan kualitas yang baik.
Ini dia Tips dan Trik Cerdas Merawat Power Bank :


# 1. Jangan Terlalu Sering Di Charger


 Hal ini menyangkut dengan umur baterai Power Bank anda. Ingat power bank itu juga memiliki umur dan pelu perawatan yang khusus apabila ingin power bank anda awet.

Perlu anda ketahui dalam sebuah Power Bank itu ada dua jenis baterai yang sering digunakan yaitu baterai Li-Ion dan baterai Li-Po yuk simak perbedaan antara dua batarai ini.
  •       Baterai Li-Ion (Lithium-Ion)
Baterai Li-Ion ini lah yang kebanyakan di gunakan oleh power bank atau smartphone. Karena daya tahannya cukup baik dan harganya sedikit lebih murah dari baterai Li-Po. Itulah sebabnya kenapa para produsen smartphone lebih suka menggunakan beterai Li-Ion ini pada smartphone yang mereka produksi.

Salah satu alasannya adalah untuk menekan biasa produksi sehingga dapat lebih murah lagi tiap smartphone itu.

Perlu anda ketahui, Baterai Li-Ion ini memiliki siklus Charge sebanyak 500 kali saja. Jadi ketika baterai Li-Ion ini telah mencapai Charger 500 kali, maka biasanya akan mengalami penurunan kualitas penyimpanan daya listrik.

Ini lah akibatnya apabila anda mempunyai smartphone yang baterai nya cepat sekali berkurang misal baru 15 menit dipakai kok uda jadi 45 % aja padahalkan tadi full baterai nya.

Ingat baterai Power bank dengan Smartphone itu sama saja. Jadi anda harus memperhatikan hal ini. Baca buku petunjuk Power Bank , biasanya di situ telah dituliskan 500 Time. Nah itulah maksudnya 500 kali charger.
  •       Baterai Li-Po (Lithium-Polimer)
Jika teman-teman memiliki Power Bank dengan jenis Baterai Li-Po, nah anda tidak pelu harus banyak-banyak menghawatirkan umur baterai power bank anda karena umur Baterai Li-Po ini mampu di charger sampai dengan 1.000 kali charger.

Dua kali lebih banyak bukan dari baterai Li-Ion tadi yang mampu di charger hanya sampai 500 kali saja.
Maka dari itu inilah alasannya kenapa para vendor smartphone lebih suka menggunakan baterai Li-Ion ketimbang Baterai Li-Po karena harganya juga akan menjadi 2 kali lipat juga biasanya.


# 2. Jangan Gunakan Power Bank Sampai Benar-Benar Drop


Yang ke dua adalah apabila power bank ingin awet dan tahan lama, janganlah anda menggunakan power bank sampai benar-benar drop atau habis dayanya.

Karena apa, power bank yang di gunakan dengan cara yang demikian menurut survei  umurnya akan jauh lebih pendek.

Karena hal ini dapat merusak komponen sel-sel baterai yang ada di dalam power bank tersebut.

# 3. Jangan Mencharger Perangkat Sambil Menggunakan


Nah, tips yang ketiga adalah janganlah anda menggunakan power bank sambil menggunakan perangkat yang sedang di charger itu. Ini adalah salah satu kebiasaan buruk orang indonesia yang banyak saya temukan.

Kenapa demikian?

Hal ini dapat menyebabkan ketidak stabilan arus daya yang masuk pada perangkat atau smartphone yang di isi. Hal ini akan berdampak buruk pada power bank itu sendiri dan juga perangkat anda.
Baca Juga :
Saran dari saya, ketika mencharger dengan power bank, lebih baik stop menggunakan perangkat itu ini semua demi keamanan dan keselamatan anda dan perangkat anda.

# 4. Jangan Sampai Anda  Mencharger Power Bank Secara Berlebihan


Tips yang ke empat adalah janganlah anda mencharger power bank anda secara berlebihan. Langsung cabut dan putuskan arus apabila power bank tersebut sudah terisi secara penuh.

 Apalagi power bank yang anda beli adalah power bank yang Murahan atau abal-abal yang belum memiliki fitur “Over Charging Protection” tentunya hal ini sangat wajib anda perhatikan.

Perlu anda ketahui Over Charging itu sangat berpengaruh sekali merusak Power Bank anda. Hal ini juga berlaku untuk smartphone atau perangkat elektronik lainnya.

Bukankah sudah di jelaskan semuanya di buku panduan. Makanya sebelum menggunakan,  ketika anda membeli perangkat atau apa saja yang baru mulai sekarang anda harus biasakan membaca panduan nya terlebih dahulu ya..

# 5. Charger Power Bank Sampai Benar Benar Penuh


Tips yang ke lima adalah chargerlah power bank anda sampai benar-benar terisi penuh hal ini membuat power bank yang anda punya lebih tahan lama apalagi power bank yang anda punya dalam kapasitas yang besar.
Baca Juga :

Hal Ini juga menyangkut umur baterai atau tips yang anda di nomor satu tadi. Sabar dan cerdaslah dalam menggunakan perangkat elektonik.

# 6. Jaga Agar Power Bank Anda Tidak Terkena Benturan Atau Terjatuh


Power Bank ini adalah barang elektronik maka dari itu perlunya di jaga dan di rawat secara berkala. Apasalahnya sih merawat barang pribadi anda toh apabila awet anda juga yang senang kan.

Perlunya menjaga power bank ini dari segala benturan atau goncangan ini semua bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada power bank anda. Dan akan menjaga sel-sel yang ada pada power bank tersebut tetap dalam kondisi yang prima.

# 7. Jaga Power Bank Anda Dari Yang Ekstrim


Tips yang ke tujuh adalah perlunya menjaga power bank dari cuaca yang ekstrim seperti panas yang berlebihan ataupun dingin yang berlebihan. Simpanlah power bank anda pada tempat yang benar-benar kering dan tidak basah.

Suhu yang ideal untuk menyimpan power bank adalah antara 26 – 28 derajat celcius ini semua akan membuat awet power bank anda.

Hindari juga power bank dari paparan sinar matahari secara langsung. Kondisi ini akan mengakibatkan berbagai komponen power bank akan mudah mengalami kerusakan.

# 8. Gunakan Kabel Data Bawaan Perangkat Atau Power Bank


Dalam membeli sebuah power bank, anda pasti mendapatkan satu paket powerbank beserta kabel yang digunakan untuk mencharger. Sayangnya tidak semua kabel bawaan dari power bank ini bagus dan layak untuk digunakan.

Hal ini dapat di siasati dengan menggunakan kabel bawaan smartphone atau perangkat anda. Saya juga selalu menggunakan kaber bawaan smartphone saya ketika saya ingin mencarger menggunakan power bank.

Ya, jujur saya kurang percaya saja dengan kabel bawaan power bank. Tapi untuk merek yang saya rekomendasikan itu. Kabel yang di kasih berkualitas kok. Jangan kuatir lah pokoknya.

Itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Cerdas Merawat Power Bank Agar Bisa Awet dan Tidak Cepat Drop. Semoga bisa bermanfaat bagi teman teman semua ya..

Terimakasih telah mengunjungi PusatTekno.com.  Terus kunjungi kami ya...

Terimakasih..
Cara Cerdas Merawat Power Bank Agar Bisa Awet dan Tidak Cepat Drop Rating: 4.5

0 Response to "Cara Cerdas Merawat Power Bank Agar Bisa Awet dan Tidak Cepat Drop"